Head Office Titan Center 3rd Floor, Jalan Boulevard Bintaro Block B7/B1 No. 05 , Bintaro Jaya Sektor 7 Tangerang 15224, Indonesia

Tel. (+62-21) 7454 111  |  Fax. (+62-21) 7454 111

© 2020 Dexa Medica

Penyuluhan Kesehatan di Desa Jatireja

Penyuluhan kesehatan bagi warga desa yang berada di Kawasan Industri Jababeka terus dilaksanakan. Di bulan Agustus 2019 kali ini, Desa Jatireja, Cikarang Timur mendapatkan penyuluhan dengan tema “Kenali Penyakit Diabetes dan Pencegahannya”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 21 Agustus 2019 di Aula Kelurahan Jatireja.Penyuluhan ini merupakan bagian dari agenda rutin bulanan dharma dexa yang bekerjasama dengan LPPM Jababeka. Acara dimulai pada pukul 09.30 WIB ini dan diikuti oleh para kader Posyandu dan Keder PKK dan Jumantik.



Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Lurah Jatireja, Bapak Sadhar Wiratama. Dalam sambutannya beliau menegaskan pentingnya menambah wawasan bagi warganya agar mereka sadar akan pentingnya kesehatan. “Sebaik-baiknya manusia adalah yang mampu berbagi wawasan bagi sesamanya. Terima kasih atas kepedulian dari pihak Dexa Group dan LPPM Jababeka”, ujar Bapak Sadhar.


Materi “Kenali Penyakit Diabetes dan Pencegahannya” disampaikan oleh Officer, Field Training Dexa Group Ibu Maria Yesia Dianing Winasthi dari tim Corporate Training & Development Dexa Group. Ibu Yesia membuka sesi presentasi dengan memaparkan sejumlah data tentang penyakit diabetes di Indonesia. “Sample Registration Survey terbaru menyatakan diabetes menjadi pembunuh nomor tiga di Indonesia setelah penyakit Stroke dan Jantung. Sementara data International Diabates Federation (IDF) menunjukkan, jumlah penyandang diabetes di Indonesia diperkirakan diatas 10 juta dan menempati urutan keenam tertinggi di dunia”, kata Ibu Maria.


Penyakit mematikan ini masih menjadi persoalan serius dunia, termasuk Indonesia. Indonesia merupakan negara yang berada di urutan ke-3 dengan prevalensi diabetes tertinggi di dunia setelah India, China, dan Amerika Serikat. Bahkan jumlah pengidap diabetes terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Data WHO memperkirakan jumlah penderita diabetes melitus (DM) tipe 2 di Indonesia akan meningkat signifikan hingga 21,3 juta jiwa pada 2030 mendatang.


Diabetes sering dikatakan sebagai ‘ibu’ dari berbagai penyakit karena diabetes bisa menjadi penyebab dari banyak komplikasi penyakit, seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit pada mata, penyakit pada kaki, penyakit saraf, stroke, dan masih banyak lagi lainnya. “Maka dari itu kita harus mulai merubah pola makan dan meningkatkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makan sehat sesuai kebutuhan”, demikian urai Ibu Yesia.


Acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang disambut dengan antusias oleh warga. Kegiatan ini diakhiri dengan membagikan produk Herbakof dan Stimuno Syrup. Laporan tim dharma dexa dari Cikarang.