Penyuluhan Kesehatan dan Sosialisasi Aplikasi Teman Bumil bagi Warga Binaan GK Site Mustikasari

Dalam rangka merayakan 50 tahun Dexa Group dengan tema Bersyukur, Berbakti dan Berbagi, Dharma Dexa menggelar program Penyuluhan Kesehatan dan Sosialisasi Aplikasi Teman Bumil & Teman Diabetes. Warga binaan GK Indonesia site Mustikasari dan RW 04 Bekasi mendapatkan kesempatan Penyuluhan dan Sosialisasi yang dilaksanakan pada Rabu, 4 September 2019 bertempat di pendopo GK site Mustikasari.



Acara dibuka oleh Bapak Solihin Djani selaku Kepala RW 04, Mustikasari Bekasi pada pukul 09.15 WIB. Dalam sambutannya Bapak Solihin mengatakan bahwa dengan kecenderungan warga yang minat bacanya minim, kegiatan penyuluhan kesehatan seperti ini akan sangat membantu warga untuk mendapatkan informasi dan wawasan tentang kesehatan. “Karena sekarang bacaan banyak juga yang hoax, jadi dengan kehadiran Dexa Group sangat tepat untuk warga kami, apalagi informasi disampaikan oleh dokter.” demikian ucapnya.


Penyuluhan kali ini dibuka dengan materi Aplikasi Teman Bumil yang disampaikan oleh Bapak Arnold Nathaniel dari Corporate Training & Development Dexa Group dilanjutkan dengan Materi Cegah Stunting yang disampaikan oleh dr. Rina. “Apakah ada yang sudah tau apa itu stunting? Bagaimana bisa terjadi?” Demikian dr. Rina membuka presentasi dengan pertanyaan yang langsung di jawab serentak oleh warga. Banyak warga yang belum mengetahui istilah stunting. Lebih jelas dokter Rina menyampaikan stunting adalah suatu kondisi yang ditandai ketika panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umur. ”Atau mudahnya, stunting adalah kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya.” jelas dr. Rina.


Dijelaskan kembali oleh dr. Rina bahwa stunting bisa disebut dengan sebutan yang familiar didengar yakni kontet. Serentak warga paham dengan arti stunting atau sebutan kontet. “Kontet atau tubuh pendek pada anak yang berada di bawah standar normal, merupakan akibat dari kondisi kurang gizi yang telah berlangsung dalam waktu lama. Hal tersebut yang kemudian membuat pertumbuhan tinggi badan anak terhambat, sehingga mengakibatkan dirinya tergolong stunting.” lanjut dr. Rina.


“Jadi singkatnya, anak dengan tubuh pendek belum tentu serta merta mengalami stunting. Pasalnya, stunting hanya bisa terjadi ketika kurangnya asupan nutrisi harian anak, sehingga memengaruhi perkembangan tinggi badannya.” kata dr. Rina menutup sesinya. Penyuluhan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab sekaligus menutup acara. Laporan dharmadexa dari Mustikasari, Bekasi Timur.

Head Office Titan Center 3rd Floor, Jalan Boulevard Bintaro Block B7/B1 No. 05 , Bintaro Jaya Sektor 7 Tangerang 15224, Indonesia

Tel. (+62-21) 7454 111  (Operating Hours : 08.00 - 17.00 WIB) |  Fax. (+62-21) 7454 111

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

       © 2020 Dexa Medica