OMAI Inbumin Rambah Pasar Kamboja

Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) dari PT Dexa Medica kembali merambah pasar mancanegara. Kali ini Inbumin yang masuk ke pasar Kamboja. Sebelumnya, PT Dexa Medica telah masuk ke pasar Kamboja sejak 20 tahun lalu. Produk Inbumin dipaparkan kepada para dokter di Kamboja dalam webinar internasional bertajuk "Role of Sriatin to Promote Protein for Optimal Nutritional Support".


"Hari ini, kami akan berbagi tentang produk yang dikembangkan dari ikan gabus yang mampu mempercepat penyembuhan luka. Kami berkomitmen untuk terus memberikan dukungan untuk pembaharuan saintifik," ungkap Advisor Dexa International Business, Ibu Gracianti Soetikno Pandji saat membuka webinar, Rabu, 25 November 2020.


Pembicara dalam webinar ini yakni Executive Director sekaligus Chief Scientific Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences, Bapak Dr Raymond Tjandrawinata; Co-Founder dari Clinic Lux, Orchid Plaza, Ibu Prof EK Mengly; dan Director of Huot Sokun Polyclinic, Bapak Dr Huot Sokun. Dr Raymond sebagai pembicara pertama memaparkan tentang Inbumin yang mengandung protein alami untuk menyembuhkan luka.


"Luka bedah merupakan bentuk terkontrol dari trauma yang dibentuk pada lingkungan ruang operasi. Mayoritas luka yang bersih dan terkontaminasi ditutup, terutama setelah operasi selesai," kata Dr. Raymond.


Dr. Raymond lalu menjelaskan tahapan penyembuhan luka yang terdiri dari tiga fase yakni fase inflamasi, fase proliferasi dan perbaikan, lalu yang terakhir adalah fase remodelling. Luka pascaoperasi yang telah ditutup bisa berisiko bagi beberapa pasien, karena bukan merupakan luka terbuka.


Faktor risiko penyembuhan luka yang tidak terbuka bagi pasien adalah status nutrisi, permasalahan hemostatik, kelainan imun, usia tua, hingga memiliki komorbid seperti yang bersifat hemodinamik, metabolik, dan neurologikal.


"Kita harus benar-benar merawat pasien operasi dan memastikan bahwa mereka memiliki faktor risiko yang sangat-sangat rendah," ungkap Dr Raymond.



Namun dokter tidak bisa memilih-milih pasien, sehingga yang dapat dilakukan adalah menurunkan beban pasien dengan mengurangi rasa sakit dan peradangan. Untuk itu Dr Raymond bersama DLBS telah meneliti molekul pada hewan yang memiliki kemampuan cepat menyembuhkan luka, yakni ikan gabus (Channa striata).


"Kita tahu bahwa kita sering mengonsumsi jenis ikan ini. Namun untuk mendapatkan khasiatnya, kita harus mengonsumsi 20 ikan gabus sekaligus," kata Dr. Raymond.


Dr. Raymond kemudian memaparkan proses pengolahan ikan gabus hingga didapatkan protein yang berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan luka. Proses tersebut menggunakan teknologi modern dan bukan sekadar diekstraksi. Setelah melalui tahap mikrofiltrasi dan granulasi, dihasilkanlah tablet yang mengandung protein bioaktif ikan gabus. Protein itu disebut Striatin yang terkandung dalam produk Inbumin.


"Ia bekerja sebagai nutrisi proteomik dalam penyembuhan luka dan peningkat albumin alami," pungkas Dr. Raymond.


Striatin merupakan produk bioteknologi dengan komposisi yang unik, yakni mengandung protein, asam amino, hingga asam lemak tak jenuh. Striatin dalam Inbumin adalah penambah albumin dari bahan alam. Oleh karena terbuat dari 100 persen natural, Inbumin adalah salah satu Obat Modern Asli Indonesia (OMAI).


Materi berikutnya mengenai teknik bedah pada pendarahan pasca-persalinan disampaikan oleh Prof EK Mengly. Dilanjutkan kemudian dengan materi tentang manajemen dan perawatan pada luka bedah oleh Dr. Huot Sokun.


Acara ditutup oleh Manager Global Group Product Dexa International Business, Bapak Andi Manik. Bapak Andi menyampaikan terima kasih kepada para pembicara yang telah memaparkan materi dengan sangat baik, serta para dokter yang telah mengikuti webinar tersebut.

Head Office Titan Center 3rd Floor, Jalan Boulevard Bintaro Block B7/B1 No. 05 , Bintaro Jaya Sektor 7 Tangerang 15224, Indonesia

Tel. (+62-21) 7454 111  (Operating Hours : 08.00 - 17.00 WIB) |  Fax. (+62-21) 7454 111

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

       © 2020 Dexa Medica