Inbumin, OMAI yang Efektif Membantu Penyembuhan Luka Operasi Diperkenalkan ke Filipina

Salah satu produk Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) Dexa Group yakni Inbumin merambah pasar global di Filipina. Inbumin yang mengandung bahan alam asli Indonesia yakni ikan gabus, dipresentasikan dan direkomendasikan oleh Molecular Pharmacologist Dexa Group, Dr Raymond Tjandrawinata bagi para dokter bedah di Filipina untuk efektivitas penyembuhan luka pasca operasi.


Dr Raymond memaparkan penelitian terkait Striatin yang berasal dari ikan gabus (Channa striata) untuk penyembuhan luka dengan topik 'Nutritional Proteomics and its Role in Wound Healing' dalam diskusi virtual dengan para dokter spesialis di Filipina, Selasa, 21 Juli 2020.


"Transisi luka bedah melalui tahap penyembuhan luka sebagai sebuah jalur linier, (yaitu) dengan titik awal dan akhir yang jelas," kata Dr Raymond mengawali penjelasannya.



Pada pasien tertentu, kata Dr Raymond, memiliki faktor risiko yang berbeda-beda dalam penyembuhan luka bedah. Faktor risiko tersebut dipengaruhi berbagai hal seperti gangguan sirkulasi arteri, usia lanjut, kurang darah, hingga komorbid seperti diabetes, neuropati ataupun Indeks Massa Tubuh yang tinggi.

Dr Raymond kemudian memaparkan berbagai hasil kajian ilmiah mengenai manfaat ikan gabus dalam penyembuhan luka. Tidak hanya di Indonesia, ada pula kajian yang dilakukan di Malaysia. Menurut Dr Raymond, ikan gabus banyak terdapat di Asia Tenggara.


Ada beberapa studi yang dipaparkan oleh Dr Raymond Tjandrawinata, yang pertama studi dari Malaysia berjudul "Snakehead Consumption Enhances Wound Healing? From Tradition to Modern Clinical Practice: A Prospective Randomized Controlled Trial". Dalam studi ini meneliti efektivitas ikan gabus dalam penyembuhan luka kepada sejumlah pasien pasca operasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian bahwa penerapan semprotan ekstrak Channa striatus pada luka bersih telah menunjukkan hasil rasa sakit yang lebih ringan dan hasil luka yang lebih baik pada minggu ke-2, minggu ke-4, dan minggu ke-6 dibandingkan dengan plasebo.


Yang kedua dipaparkan studi dari Malaysia untuk membandingkan rasa sakit pasca operasi, penyembuhan luka berdasarkan skala evaluasi luka, penampilan luka berdasarkan skor skala analog visual, skor kepuasan pasien (PSS), dan profil keamanan antar kelompok sampel. Hasil dari studi ini disimpulkan bahwa ikan gabus membawa hasil lebih baik dari rasa sakit dibandingka kelompok plasebo.


Hasil studi ketiga dari Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan di Semarang berjudul "The Effect of Snake Fish Extract (Channa Sriata) on Post Casarean Section Wound Status in Postpartum Anemia Mother". Studi ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh ekstrak ikan gabus terhadap status luka pasca operasi Sectio Caesarea (SC) pada wanita anemia postpartum yang dilakukan di sebuah rumah sakit di Jawa Tengah. Hasil yang diperoleh dari hasil sampel penelitian yang merupakan ibu penderita anemia postpartum bahwa ekstrak Channa striata dapat mempercepat penyembuhan luka pasca SC.


Studi selanjutnya yang dipaparkan oleh Dr Raymond adalah studi yang mengevaluasi pengaruh kapsul ekstrak ikan gabus terhadap tingkat albumin serum pasien bedah saraf pasca operasi. Penelitian yang dilakukan di Nusa Tenggara Barat ini menghasilkan bahwa ikan gabus dapat meningkatkan kadar serum albumin pada pasien setelah operasi.


Inbumin yang berasal dari hasil bioactive fraction ikan gabus (Channa striata) atau Striatin, telah dikembangkan PT Dexa Medica melalui Dexa Laboratories of Biomolecular Science (DLBS). Ikan gabus memiliki banyak protein dalam tubuhnya. Namun tidak semuanya berfungsi untuk meningkatkan albumin guna mempercepat penyembuhan luka.


"Kami mengekstrak hanya protein yang dibutuhkan," ungkap Dr Raymond menegaskan.


Striatin merupakan produk bioteknologi dengan komposisi yang unik, yakni mengandung protein, asam amino, hingga asam lemak tak jenuh. Striatin dalam Inbumin adalah penambah albumin dari bahan alam. Oleh karena terbuat dari 100 persen natural, Inbumin adalah salah satu Obat Modern Asli Indonesia (OMAI).

Head Office Titan Center 3rd Floor, Jalan Boulevard Bintaro Block B7/B1 No. 05 , Bintaro Jaya Sektor 7 Tangerang 15224, Indonesia

Tel. (+62-21) 7454 111  |  Fax. (+62-21) 7454 111

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

       © 2020 Dexa Medica