Dharma dexa Dukung Safety Riding Training

Dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional, dharma dexa bekerjasama dengan pengelola kawasan Jababeka menginisiasi agenda pelatihan Safety Riding. Kegiatan yang dilaksanakan pada awal Maret 2018, ini diselenggarakan di D’kahyangan Jababeka Cikarang dengan mendatangkan instruktur yang berpengalaman dan bersertifikasi safety riding dari Astra Honda Motor 1 (ASMO1).


Sebanyak 50 peserta ikutserta dalam agenda pelatihan Safety Riding ini. Pelatihan ini terdiri dari teori in class dan praktek di lapangan. Pada sesi pelatihan teori, semua peserta dibekali berbagai ilmu mulai dari awal akan berkendara motor, apa saja yang harus dilakukan pemeriksaan, kelengkapan pengaman pengendara yang harus diperhatikan dari kepala sampai kaki (Helm, Jaket dll), hingga dengan teknik berkendara yang aman saat sendirian maupun berboncengan.


Pada sesi praktek, kegiatan dibagi menjadi dua bagian yaitu kondisi mesin mati dan mesin hidup. Pelatihan pada kondisi mesin mati dijelaskan terkait teknis pemeriksaan motor yang harus dilakukan pada saat sebelum berkendara yaitu dengan beberapa singkatan yang mudah diingat yaitu Benol (Bensin dan oli), Raba (Rantai dan Ban), Korem (Kopling dan Rem), Lababa (Lampu, baut, dan battery), dilanjutkan teknik memasang atau membuka standar motor, teknik pengereman beserta posisi-posisi yang safety yang harus diperhatikan saat mengendarai motor. Pada kondisi mesin hidup peserta satu persatu dilatih dan dilakukan evaluasi dari mulai dari teknik gas, pengereman (depan, belakang), zig zag, dan keseimbangan dijalan sempit.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta menjadi agen keselamatan baik bagi dirinya maupun dapat ditularkan pada rekan-rekannya yang lain untuk menciptakan budaya aman dalam bermotor. Corporate Communications Dexa Medica

Head Office Titan Center 3rd Floor, Jalan Boulevard Bintaro Block B7/B1 No. 05 , Bintaro Jaya Sektor 7 Tangerang 15224, Indonesia

Tel. (+62-21) 7454 111  |  Fax. (+62-21) 7454 111

© 2020 Dexa Medica